Teks Berjalan

SELAMAT DATANG DI ISTANA MULIA : INSYA ALLAH MURAH DAN PENUH BERKAH (35% DARI HASIL BERSIH AKAN DIGUNAKAN UNTUK PEMBERDAYAAN ISTANA YATIM INDONESIA

Rabu, 18 Desember 2013

4 Cara Sukses Menjadi Pengusaha yang dicontohkan Rasulullah SAW


1.    Jujur dalam Berkata dan Bertindak (Jujur menjadi Personal Branding)
2.    Mencintai Customer atau Pelanggan dengan sepenuh hati
3.    Penuhi Janji seberat apapun keadaannya
4.    Memilih Segmentasi (pelanggan) yang tepat

1.    Jujur dalam Berkata dan Bertindak (Jujur menjadi Personal Branding)

Saat berdagang Nabi Muhammad SAW muda dikenal dengan julukan Al Amin (yang terpercaya). Sikap ini tercermin saat dia berhubungan dengan customer maupun pemasoknya.
Nabi Muhammad SAW mengambil stok barang dari Khadijah, konglomerat kaya yang akhirnya menjadi istrinya. Dia sangat jujur terhadap Khadijah. Dia pun jujur kepada pelanggan. Saat memasarkan barangnya dia menjelaskan semua keunggulan dan kelemahan barang yang dijualnya. Bagi Rasulullah kejujuran adalah brand-nya.

2.    Mencintai Customer atau Pelanggan dengan sepenuh hati

Dalam berdagang Rasulullah sangat mencintai customer seperti dia mencintai dirinya sendiri. Itu sebabnya dia melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Bahkan, dia tak rela pelanggan tertipu saat membeli.
Sikap ini mengingatkan pada hadits yang beliau sampaikan, “Belum beriman seseorang sehingga dia mencintai saudaramu seperti mencintai dirimu sendiri.”

3.    Penuhi Janji seberat apapun keadaannya
Nabi sejak dulu selalu berusaha memenuhi janji-janjinya. Firman Allah, “Wahai orang-orang yang beriman penuhi janjimu.” (QS Al Maidah 3).

Dalam dunia pemasaran, ini berarti Rasulullah selalu memberikan value produknya seperti yang diiklankan atau dijanjikan. Dan untuk itu butuh upaya yang tidak kecil. Pernah suatu ketika Rasulullah marah saat ada pedagang mengurangi timbangan. Inilah kiat Nabi menjamin customer satisfaction (kepuasan pelanggan).

4.    Memilih Segmentasi (pelanggan) yang tepat

Nabi pernah marah saat melihat pedagang menyembunyikan jagung basah di sela-sela jagung kering. Hal itu dengan Nabi, saat menjual barang dia selalu menunjukkan bahwa barang ini bagus karena ini, dan barang ini kurang bagus, tapi harganya murah.

Pelajaran dari kisah itu adalah bahwa Nabi selalu mengajarkan agar kita memberikan good value untuk barang yang dijual. Sekaligus Rasulullah mengajarkan segmentasi: barang bagus dijual dengan harga bagus dan barang dengan kualitas lebih rendah dijual dengan harga yang lebih rendah.

8 Prinsip Kesuksesan Pengusaha Muslim Sukses
1.    Tidak boleh berbohong dan menipu pembeli.
2.    Carilah keuntungan yang wajar. Jika pembeli bertanya, sebutkan harga modalnya
3.    Kepada para pelanggan yang tidak mampu membayar kontan (tunai), berikanlah waktu untuk melunasinya. Bila dia betul-betul tidak mampu membayar setelah masa tenggat pengunduran itu, padahal dia telah berusaha, maka ikhlaskanlah
4.    Hindari sumpah yang berlebihan, apalagi sumpah palsu untuk mengelabui konsumen
5.    Lakukan transaksi jika telah ada kata sepakat antara penjual dan pembeli
6.    Lakukan penimbangan dan penakaran dengan benar dan setepat mungkin
7.    Camkan pada pembeli bahwa yang membayar di muka bahwa ia tidak boleh menjualnya sebelum barang tersebut benar-benar menjadi miliknya (terbayar lunas terlebih dahulu)
8.    Jangan melakukan transaksi monopoli dalam perdagangan, berikan kesempatan yang lain untuk berdagang juga.

Cara Memulai Bisnis
•    Kenapa Anda harus memulai bisnis ?
•    Bagaiman cara anda memulai bisnis ?
•    Apa cara memulai bisnis dengan kurang modal ?

Kenapa Anda harus memulai bisnis ?

Sahabat Ayi yang mulia...  menurut saya, bisnis itu adalah sunnah yang sangat dianjurkan Allah dan Rasulnya, bisnis adalah ibadah yang insya Allah penuh berkah, dan akan mudah jika Anda terus mencobanya dan terus belajar dari orang orang yang sukses dalam bisnis...  jadi mulailah untuk belajar cara berbisnislah.. bisnis juga dalah seni yang bisa dinikmati atau bisa menakuti... maka pastikan bisnis itu menjadi seni yang anda cinta dan anda nikmati...

Bagaimana cara anda memulai bisnis ?

menurut saya, cara anda memulai bisnis yang pertama adalah :  mulailah dengan keyakinan yang penuh akan luas dan banyaknya rezeki Allah untuk kita dan orang orang yang kita cinta, lalu mulai segala sesuatu dengan do’a, karena do’a adalah pangkal dari energi kesuksesan dan keberkahan, lalu singsingkan lengan baju untuk bekerja keras dan terus beker... jika gagal, maka mulailah bangkit lagi, karena gagal itu adalah tabungan kesuksesan yang diakumulasi.... jadi jangan menyerah... walau terus gagal... karena gagal itu pasti ada ujungnya...

Apa cara memulai bisnis dengan kurang modal ?

sahabat ayi.... cara memulai bisnis dengan kurang modal adalah dengan menginventarisasi modal yang telah dianugerahkan Allah kepada Anda. Allah telah memberikan modal yang sangat besar untuk anda... yakni modal anda untuk mampu melihat, yang nilainya tka terhingga. modal anda juga mampu mendengar yang nilainya juga tidak bisa dirupiahkan, modal bisnis anda juga berjalan, memegang, dan yang paling besar dalam modal bisnis anda adalah kemampuan berfikir... dan masih banyak lagi moda bisnis yang telah Allah berikan... maka gunakan mata, telinga, kaki, tangan dan akal anda untuk berbisnis... dan jadilan pembisnis ulung... anda pasti bisa... (bersambung....)

CARA SUKSES MENJADI PENGUSAHA
1.    Berani membuat impian/cita-2
2.    Tentukan impian anda dengan jelas (tuliskan/visualisasikan)
3.    Uji impian anda, apakah sudah SMART ?
4.    Buat "peta perjalanan" menuju impian anda
5.    Tentukan "Alat/Sistem/Kendaraan" untuk mencapai impian anda
6.    Fokuskan semua pikiran dan tindakan nyata untuk mencapainya
7.    Selesaikan sesuai rencana

Berikut Ada 7 langkah langkah praktis yang ajaib untuk mewujudkan impian kita :

1. Berani membuat impian/cita-2
Banyak orang merasa "minder" untuk membuat impian yang besar karena merasa dirinya memiliki berbagai keterbatasan dibandingkan orang lain. Misalnya karena pendidikan rendah, miskin, tidak pandai, lingkungan buruk, dll. Napoleon Hill berkata bahwa "Apa yang anda pikirkan dan percaya, pasti akan anda dapatkan". Kalau anda pikir bahwa anda BISA maka anda pasti BISA, sekacau apapun kondisi anda saat ini. Jadi buatlah impian anda semenarik mungkin sehingga anda tergerak untuk mewujudkannya. Dan yakinlah bahwa Tuhan mengasihi anda sebagai umatnya dan akan memerintahkan segenap alam semesta akan membantu anda mewujudkan impian anda.

Tips : Kalau anda masih tidak berani membuat impian anda, cobalah dengan membaca buku atau artikel motivasi atau kisah sukses, mendengarkan kaset motivasi, mengikuti seminar dari para motivator, dan berteman dengan orang-2 yang berpikir positif.

2. Tentukan impian anda dengan jelas (tuliskan/visualisasikan)

Tuliskan impian anda sejelas-jelasnya di kertas dan bayangkan hal itu terjadi pada diri anda. Bayangkan bagaimana nikmatnya mencapai impian tersebut. Kalau perlu dengan bantuan gambar/foto. Misalnya jika impian anda adalah memiliki mobil BMW 302i, miliki foto/gambar mobil tersebut dan bayangkan betapa nikmatnya saat anda mengendarainya. Kalau perlu anda pergi ke show room nya, melakukan test drive atau memiliki brosurnya terlebih dahulu.

3. Uji impian anda, apakah sudah SMART ?

Tinjau apakah impian itu sudah memenuhi kriteria SMART, yaitu :
- Specific : dapat diuraikan secara terinci
- Measureable : bisa diukur dengan pasti, misalnya dengan waktu, uang, dll.
- Achievable : masih ada kemungkinan untuk dicapai
- Realistic : realistis, tidak mengada-2
- Timeable : bisa ditentukan berapa lama waktu pencapaiannya

Jika impian belum SMART, evaluasi lagi impian anda dan revisi dengan kembali ke langkah 2 (tentukan impian anda dengan jelas)
jika impian sudah SMART, yakinkan pada pikiran bawah sadar anda, aliran darah anda, seluruh sel-sel di tubuh anda, bahwa anda pasti akan mendapatkannya. Anda bisa melakukan affirmasi atau kekuatan law of attraction.

4. Buat "peta perjalanan" menuju impian anda

Susun langkah-langkah kecil yang harus dilakukan dan target antara yang akan dicapai di tiap tahap yang dilalui. Jika semua langkah dan target antara itu disusun dengan jelas akan membentuk sebuah "peta perjalanan" menuju impian anda.

5. Tentukan "Alat/Sistem/Kendaraan" untuk mencapai impian anda

Pilih alat atau sistem atau cara dengan apa anda akan menempuh "peta perjalanan" anda. Pastikan bahwa dengan menggunakan alat/sistem/cara tersebut akan menjamin anda berhasil melangkah melalui setiap tahapan dalam "peta perjalanan" dan pada akhirnya menghantarkan anda mencapai impian.

6. Fokuskan semua pikiran dan tindakan nyata untuk mencapainya

Ubah sikap diri anda ! Mulai sekarang, semua sikap, tindakan dan pikiran di fokuskan pada skenario "peta perjalanan" mencapai impian anda. Evaluasi setiap tindakan yang akan anda lakukan, "Apakah sesuai dengan skenario tersebut ?" Jika tidak, jangan lakukan ! Jika ya, lakukan saat ini juga ! (action now !) Tidak ada kompromi penundaan waktu.

7. Selesaikan sesuai rencana

Mungkin dalam perjalanan mencapai impian anda akan mengalami banyak kegagalan dan kekecewaan. Tetapi apapun yang terjadi, anda harus selesaikan semua sesuai dengan rencana. Ingat, tidak perduli di langit ke berapa anda menggantungkan impian, pasti anda bisa mencapainya. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak sekali orang sukses di dunia. Tinggal diperlukan 1 orang lagi membuktikannya, yaitu Anda !

Langkash Sukses Bisnis ke Delapan, Jika impian telah tercapai, buat impian baru yang lebih besar (kembali ke langkah 1)

0 komentar:

Posting Komentar